Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan 2015

Kali ini saya ingin menceritakan perjalanan saya menuju puncak slamet dan juga perjalanan pulang dari puncak slamet. Untuk pengenalan, puncak slamet adalah puncak dari gunung slamet yaitu gunung tertinggi di jawa tengah dan gunung kedua tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian 3428 meter diatas permukaan laut (mdpl). Untuk para pembaca tulisan saya sekarang yang mungkin sedang mencari tau seputar trek atau keadaan gunung slamet sampai puncak, saya sarankan jangan ambil kesimpulan dari tulisan saya saja. Coba cari referensi dari tulisan temen pendaki lain yang juga membuat tulisan seperti saya juga. Karena kurang bagus bila hanya  mengambil kesimpulan cuma dari satu sumber aja. Oke, langsung detailnya sebagai berikut :

23 Desember 2015

Saya berangkat dari rumah saya di daerah cibubur, Jakarta timur menuju meeting point di salah satu toko perlengkapan outdoor di bekasi timur pukul 15.00 WIB dan sampai tujuan pukul 18.30 karena kondisi jalan macet parah. Saya mengikuti acara pendakian bersama dan bersih gunung yang dilaksanakan pada 24 Desember 2015 s.d. 2 januari 2016. Panitia menyediakan jasa travel bagi kami yang ingin keberangkatannya di koordinasi dari daerah jabodetabek. Ada 8 orang yang berangkat dari sini termasuk saya dan kakak saya. Dijanjikan keberangkatan jam 9 malam, namun travel terlambat karena macet dan kami baru berangkat dari bekasi timur jam 1.00 dini hari. Biaya perjalanan sampai sini sbb :

1.       – Registrasi pendaftaran acara 100rb/orang termasuk baju, syal, dan stiker pendakian

2.       -Travel bekasi-basecamp bambangan 150rb/orang

24 Desember 2015

Kondisi jalan macet parah karena tanggal ini bertepatan dengan tanggal liburan, dan kami baru sampai di basecamp bambangan, purbalingga pukul  15.00 WIB. Sebelumnya saya mau memberitahu bahwa jam yang saya gunakan disini adalah jam handphone saya yang di atur untuk WIB. Setelah sampai, 3 orang teman perjalanan kami tadi langsung berangkat naik, karena alasan waktu liburan dan masuk kerja yang mepet katanya. Dan sisa kami berlima ,termasuk saya dan abang saya, berangkat setelah menunaikan shalat maghrib di basecamp.

Berangkat dari basecamp bambangan.

Kami melakukan perjalanan dari basecamp, perjalanan menuju pos 1 lumayan jauh dibanding yang lainnya. Medan awal menuju pos 1 masih banyak yang landai, dengan pemandangan kiri kanan perkebunan warga dan kadang ada sungai kecil. Sekitar 30menit perjalanan santai  trek mulai menanjak dan puncak ter serunya ada di beberapa langkah sebelum pos 1. Medan semakin curam dan trek sedikit licin, karena kebetulan tadi pas kami sampai basecamp sempat turun hujan. Perjalanan dari basecamp sampai pos 1 kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan santai. Dan niat kami ingin mendirikan tenda diatas pukul 10.00 baru ingin mencari tempat untuk mendirikan tenda. Namun, tidak jauh dari naik pos 1 kami sedikit berbincang dengan pendaki lain yang sudah mendirikan tenda tidak jauh dari pos 1. Katanya diatas sudah ramai dan sulit untuk mencari tempat mendirikan tenda. Kami pun turun beberapa meter karena tadi sempat menemukan lahan landai yang cocok untuk mendirikan tenda dan bermalam. Akhirnya saat pukul 10.00 malam kami selesai mendirikan tenda dan masak untuk mengisi perut sebentar lalu istirahat untuk meneruskan perjalanan besok. Ketiga rekan perjalanan saya memutuskan untuk langsung summit attack besok pagi jam 3, padahal posisi tenda kami sekarang belum sampai pos 2. Abang saya tidak sepakat, jadi saya berdua dengan abang saya memutuskan untuk tidak ikut summit attack besok dan akan melanjutkan perjalanan pukul 7 pagi. 3 rekan kami akhirnya jadi melakukan summit attack yang akhirnya mereka berangkat pukul  4 pagi.

25 Desember 2015

Saya merapihkan tenda dan melanjutkan perjalanan hanya berdua dengan abang saya. Meninggalkan tenda rekan perjalanan kami, karena mereka sudah summit attack tadi pagi. Saya dan abang saya berjalan santai menikmati perjalanan yang tidak buru-buru karena kami rasa kami punya waktu yang cukup untuk sampai puncak dengan perjalanan santai. kami berangkat pukul 7 pagi, dan sampai di pos 2 pukul 10. Perjalanan yang kami lakukan sangat santai, sebentar-sebentar berhenti untuk istirahat. Di pos 2 juga terdapat penjual nasi bungkus, mendoan, dan minuman hangat seperti kopi, teh dll. Sama seperti di pos 1. Kami istirahat 20 menit di pos 2. Lalu melanjutkan perjalanan dari pos 2 pukul 10.20. berjalan kurang lebih 1 setengah jam. Kami tiba di pos 3 sekitar pukul 12. Pada perjalanan kami menuju pos 3 tadi, kami melihat Tim SAR yang sedang mengevakuasi pendaki yang pelipis kirinya robek cukup lebar. Saya dan mungkin banyak pendaki lain yang menyaksikannya. Dengar-dengar pendaki tersebut terpeleset dan terpentok batu saat proses turun dari puncak tadi pagi. Istirahat sekitar 15 menit di pos 3, sambil sempat saya mengambil satu botol air dari sumber air yang berada di pos 3. Di gunung slamet perjalanan via bambangan sumber air ada di pos 3 dan pos 5. Saat menuju pos 4 abang saya bertemu dengan temannya yang sudah lama tak jumpa, jadi kami berhenti lumayan lama untuk berbincang dan sekedar foto bersama.

Istirahat dulu gan.

Ternyata disaat kami asik ngobrol, kami ternyata berada di dekat tenda rekan perjalanan kami yang memutuskan untuk naik duluan saat kami baru tiba di basecamp. Ternyata mereka sampai di sini semalam sekitar pukul 11 malam, dan memutuskan untuk mendirikan tenda.  Dan ternyata mereka sudah summit attack tadi pagi, dan sekarang mereka sedang packing untuk turun. Dan juga mendapat kabar dari mereka tentang 3 rekan kami yang summit attack tadi pagi ternyata baru sampai batas vegetasi  sekitar jam 10 pagi tadi. Wajar saja, jarak dari pos 1 ke puncak masih jauh. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan. Kami pun tiba di pos 4 pukul 14.00.

Pos yang memiliki cerita horor.

kami beristirahat sekitar 30menit sambil makan siang. Makan nasi bungkus yang kami beli di pos 2 tadi. Pukul 14.30 kami pun melanjutkan perjalanan. Kira-kira 45 menit dan akhirnya sampai di pos 5 pukul 15.15, sebenarnya dalam perjalanan menuju pos 5 kami sudah sering diingatkan oleh para pendaki yang turun apabila lapak untuk mendirikan tenda di pos 5 sudah penuh. Hal ini disebabkan di pos 5 ada sumber air, makanya banyak pendaki yang memutuskan untuk langsung mendirikan tenda di pos 5. Selain itu juga angin malam tidak se kencang di pos-pos atas. Kami pun turun lagi dari pos 5, karena sebelumnya kami melihat sedikit lapak untuk mendirikan tenda. Wajar tenda kami kecil, hanya tenda untuk 2-3 orang jadi tidak sulit untuk sekedar nyempil di dekat tenda pendaki lain. Akhirnya kami mendirikan tenda di pinggir jalur utama di belakang tenda pendaki lain, yang mana tanah kami mendirikan tenda sedikit miring. Akhirnya, tenda kami rapih sekitar pukul 16.30. masak-masak sedikit untuk mengisi perut dan menghangatkan badan. Kami pun sudah tertidur pulas pukul 19.00.

26 Desember 2015

Kami merencanakan untuk berangkat summit attack pukul 4 pagi, tapi ternyata kami bangun lebih awal dan siap berangkat pukul 3. Kami berangkat pukul 3 dengan meninggalkan tenda dan membawa logistik secukupnya di tas kecil. Sama seperti perjalanan sebelumnya kami sangat berjalan santai. jarak dari tenda kami ke pos 5 dekat, mungkin hanya 10 menit pendakian. Handphone saya baterainya habis, jadi kami tidak melihat jam perjalanan kami pada saat sampai di pos 6,7, dan 8. Saat di pos 9 kami menanyakan jam dan ternyata sekarang sudah pukul 5.25. Kami dapat sunrise di antara pos 8 dan pos 9.

Sunrise di antara pos 8 dan pos 9 .
This is my bro.

Lanjut kami menuju puncak slamet dari pos 9 yang mana pos 9 adalah batas vegetasi. Jadi dari pos 9 ke puncak jalur yang kami daki hanya tanah/pasir dan batu. Jumlah pendaki sangat ramai, jadi sangat sering kami mendengar peringatan “awas batu!” dari pendaki lain. Alhamdulillah perjalanan saya dan pendaki-pendaki lain ke puncak selamat.

Batas Vegetasi saat naik, lumayan ramai pendaki.
Pemandangan di perjalanan menuju puncak.

Kami sampai puncak pukul 6.30. rasanya senang, akhirnya bisa sampai ke puncak slamet. Semua lelah benar-benar terbayar. Alhamdulillah. Angin di puncak cukup kencang dan dingin. Saya sering bergetar menggigil di puncak ini. 3428 mpdl. Kami pun tidak menyia-nyiakan untuk berfoto di puncak tertinggi jawa tengah ini.

Puncak Slamet 3428 Mdpl.
Pemandangan Pendaki lain yang menuju puncak.
My Bro…

Setelah istirahat dan berfoto puas, kami pun turun pukul 8.15. cukup lama kami di puncak. Perjalanan turun dari puncak ke pos 9 lebih sulit daripada perjalanan naik.

Banyak pendaki yang terpeleset karena memang medan tanah pasir dan bebatuan seperti ini licin, untungnya tidak ada pendaki yang terpeleset dan gelinding ke bawah. Saya dan abang saya turun perlahan, perlahan yang penting selamat. Setelah melewati perjalanan panjang turun ke pos 9, kami tiba di pos 9 pukul 10.05. dari pos 9 kami turun ke tenda, perjalanan turun lebih cepat dibanding naik. Kami sudah sampai tenda pukul 11.45. itu sudah termasuk saya mengantri air di sumber air pos 5 yang lumayan lama. Untuk info lebih lanjut, untuk sumber air yang berada di pos 3 dan pos 5. Untuk yang di pos 3 jarak sumber air dekat dengan pos 3, medan mudah, dan air lebih bersih. Di pos 5 jarak dari pos 5 ke sumber air lumayan melelahkan, dan menelusuri kali kecil yang batu-batunya lumayan licin. Oke, setelah sampai tenda, kami istirahat,  masak-masak untuk makan, dan packing untuk turun. Kami turun dari tempat kami mendirikan tenda tadi sekitar pukul 13.30. kami melanjutkan perjalanan untuk ke basecamp bambangan. Saya tidak sempat menanyakan jam saat di pos 4. Saya sampai pos 3 pukul 14.30, istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan dan sampai pos 2 pukul 15.50. saat perjalanan turun ini, kaki abang saya sedikit sakit. Jadi kami turun dengan sangat santai, sering berhenti untuk beristirahat di pinggir jalur pendakian. Mungkin kalau dilakukan perjalanan normal bisa lebih cepat daripada kami, karena kaki abang saya sakit maka kami sangat pelan-pelan saat turun ini. Dari pos 2 ke pos 1 memakan waktu sekitar 1 setengah jam, kami sampai pos 1 pukul 17.25. target saya terlalu ambisius untuk bisa sampai basecamp sebelum maghrib, namun karena memang tidak bisa dipaksakan, jarak pos 1 ke basecamp yang lumayan jauh dibanding dengan dari pos ke pos yang lain, dan ditambah kaki abang saya sedang sakit, akhirnya gelap pun datang dan kami melanjutkan perjalanan dengan headlamp. Dan Alhamdulillah kami sampai basecamp sekitar pukul 18.50.

Berikut ini adalah rekap perjalanan kami :

23 Desember 2015

15.00 – 18.30                      Berangkat dari rumah ke meeting point.

24     Desember 2015

1.00 – 15.00                         Perjalanan dari Bekasi – Purbalingga, basecamp Bambangan.

15.00 – 18.30                       Istirahat, Makan dsb.

18.30 -20.30                        Perjalanan dari Basecamp ke Pos 1.

20.45 – 21.30                      Perjalanan  dari Pos 1 naik sedikit dan mendirikan tenda.

22.00                                     Tenda siap, makan dan mimpi indah.

25     Desember 2015

4.00                                        Bangun, 3 Rekan melanjutkan Summit attack, saya tidur lagi.

6.00 – 7.00                           Bangun, merapihkan tenda.

7.00 – 10.00                        Perjalanan sampai ke Pos 2, kami berdua berjalan sangat santai.

10.20 – 12.00                      Perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3

12.15 – 14.00                      Perjalanan dari Pos 3 ke Pos 4, ngobrolnya lumayan lama jadi lama sampe Pos 4.

14.00 – 14.30                      Makan siang di Pos 4.

14.30 – 15.15                      Perjalanan dari Pos 4 ke Pos 5.

15.30 – 16.30                      Turun sedikit dari Pos 5, Istirahat, dan mendirikan tenda.

16.30 – 19.00                      Nyantai, masak-masak, ngopi dsb.

19.00                                     Mimpi Indah

26     Desember 2015

2.30 – 3.00                           Bangun tidur dan persiapan summit attack.

3.00 – 5.30                           Perjalanan dari tenda ke Pos 9. (Posisi tenda dibawah pos 5)

5.30 – 6.30                           Perjalanan dari Pos 9 ke Puncak Slamet.

6.30 – 8.15                           Di Puncak Slamet. 3428 mdpl.

8.15 – 10.00                        Turun dari Puncak ke Pos 9.

10.00 – 11.45                      Turun dari Pos 9 ke Tenda.

11.45 – 13.30                      Nyantai sekaligus Packing turun ke Basecamp.

13.30 – 14.30                      Perjalanan turun dari lapak tenda ke Pos 3. (lupa nanya jam pas di pos 4)

14.45 – 15.50                      Perjalanan turun dari Pos 3 ke Pos 2.

16.00 – 17.25                      Perjalanan turun dari Pos 2 ke Pos 1.

17.40 – 18.50                      Perjalanan turun dari pos 1 ke Basecamp.

Rekap pengeluaran : ini berdasarkan perjalanan saya ya. Terlepas dari pengeluaran logistik.

Travel bekasi – bambangan                                                       @ rp 150.000

Tiket masuk wisata alam Gn. Slamet                                     @rp 10.000

Makan di warung basecamp                                                      @ rp 15.000 x 4 = 60.000

Charter mobil bambangan – terminal Purwakarta         @ 9 orang rp 350.000

Bus non Ac Purwakarta – Bandung                                         @ rp 80.000

Bus Bandung – Jakarta                                                               saya lupa berapa XD

Total                                                                                              :  rp 350.000 (belum termasuk bus bdg-jkt)

Saran saya bawa uang lebih, biar lebih aman. Ya keperluan agan sendiri yang lebih ngerti kan.

*kami ambil ke bandung dulu bukan karena mau liburan, tapi karena yang tiket langsung ke Jakarta hari itu udah abis.

Sekian sepenggal pengalaman saya kemarinsaat mendaki Gunung Slamet. Jangan lupa apabila ingin mencari info tentang pendakian ke Gunung Slamet untuk mencari sumber lain selain dari blog saya. Satu pesan saya, yang terpenting saat melakukan pendakian : Safety first.

Oke, terimakasih yang sudah mau meluangkan waktunya untuk mampir. Saya mohon maaf atas banyaknya kekurangan pada tulisan saya ini. Wassalamu’alaikum.